Tak ada kata terlambat tuk menjadi yang lebih baek.. Diberdayakan oleh Blogger.
???? ? ???? ? ????? ???????

Translate

Sabtu, 11 Februari 2012

REKENING EMOSI


         Pada dasarnya didunia ini hanya ada 2 hal, yang pertama adalah positif(kebaikan) dan yang kedua adalah negatif (keburukan). Allah pun sudah menetapkan 2 jalan untuk manusia, sebagaimana ayat berikut;
”maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu jalan kefasikan dan ketaqwaanya” (Asy-Syams:8)
Dengan demikian sudah jelas bahwasanya tidak ada jalan ke-3,yang ada hanya lah sesuatu itu baik atau buruk.
Pembaca yang budiman,mengapa kadang kita sangat mudah memaafkan si A, dan selalu membelanya ketika ada yang mengkritiknya. Dan sebaliknya, kita terkadang dengan mudah sekali marah kepada si B hanya karena kesalahan yang kecil saja?.
        Setiap orang punya rekening emosi dalam hatinya atas nama kelurga, teman ataupun orang-orang yang pernah dia kenal. Setiap kali si A berbuat baik pada anda, maka itu akan tersimpan dalam rekening emosi atas nama si A. Ataupun anda mendapati si A berbuat baik pada orang lain, maka itu juga akan tersimpan dalam rekeningnya. Setelah anda mendapati kebaikan demi kebaikan dalam rekeningnya, akhirnya anda menyimpulkan bahwa si A adalah orang baik. Sehingga ketika suatu saat si A berbuat salah pada anda, anda akan sangat mudah untuk memaafkannya.
       Begitupun sebaliknya,ketika si B sering berbuat jahat pada anda ataupun anda mendapati si B jahat pada temannya, keluarganya, orang-orang disekelilingnya atau bahkan jahat pada kucingnya sekalipun, semua itu akan tersimpan dalam rekening atas nama si B. Data-data kejahatannya cukup membuat anda menyimpulkan bahwa si B adalah orang jahat. Apapun yang si B lakukan akan selalu tampak buruk di mata anda.
       Ketika rekening atas nama anda yang tersimpan dalam hati orang lain itu baik, maka anda akan mendapati kehidupan yang penuh dengan kemudahan, tetapi jika yang tersimpan dalam rekening anda itu buruk, maka anda akan mendapati kehidupan yang sempit. Selalu tampak buruk dimata orang lain.
      Dengan rekening positip yang banyak, anda akan ditolong orang saat kesusahan, dibantu saat berbisnis, dibeli walau harga agak mahal, direferensikan ke mana-mana.
Maka, marilah kita berbuat baik, menolong orang, dan berprilaku yang menghasilkan rekening emosi positip pada orang-orang disekeliling kita, karena hal itu akan membawa kemudahan luar biasa dalam kita mencapai mimpi dan kesuksesan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar