Tak ada kata terlambat tuk menjadi yang lebih baek.. Diberdayakan oleh Blogger.
???? ? ???? ? ????? ???????

Translate

Sabtu, 11 Februari 2012

BENARKAH,HEMAT PANGKAL KAYA?


            Pernahkah dengar kata pepatah “hemat pangkal kaya”?, pernah pastinya. Tapi benarkah pepatah tersebut?. Benarkah hemat bisa membuat kita kaya?. Kita perlu membahasnya lebih dalam karena pada prateknya, berhemat tidak otomatis membuat kaya, bahkan jika salah kaprah justru akan membuat kita miskin. Kok bisa?
            Dengan berhemat, memang bisa membuat kita kaya, asal cara berhemat kita benar. Ada juga orang yang berhemat tapi tidak bisa merubah kehidupannya. Bahkan ada orang yang berhemat tapi malah membuat dirinya miskin. Jika ada 3 macam orang berhemat tersebut,anda sekarang melakukan yang mana?
4 kesalahan dalam berhemat
            Pertama:saking hematnya, banyak orang yang tidak mau bershodaqoh ataupun infaq dijalan Allah. Padahal dengan shodaqoh dan infaq, Allah telah berjanji akan melipatgandakan harta yang dia keluarkan tersebut. Banyak ayat al-qur’an ataupun hadist yang menyebutkannya. Jika tidak mau bershodaqoh bukankah berkesan kita tidak mau digandakan rezeki kita?
            Kedua:karena berhemat, hidup jadi sengsara. Makin ngirit, pakaian ngirit, rumah ngirit, segalanya ngirit. Sehingga hidup terasa sengsara, jauh dibawah kemampuan kita. Dalam artian hemat yang berlebihan. Kenapa sikap seperti iini akan membuat kita miskin?           Karena mindset kita akan mengatakan bahwa kita adalah orang yang serba kekurangan dan miskin. Sehingga pikiran dan tindakan kita pun akan seperti orang miskin. Kita boleh berhemat tapi jangan berlebihan. Tahan pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu, namun tetap menikmati rezeki dari Allah agar keluarga bisa tersenyum. Selama tidak berlebihan dan didalam batas kemampuan,itu bukan lah hal pemborosan.
            Ketiga:tidak mau berinvestasi. Jika anda memiliki penghasilan 5.000.000/bulan, berapa penghematan yang bisa anda lakukan? 3.000.000? atau 1.000.000? atau bahkan 100.000? jika jawaban anda yang terakhir, berarti anda belum bisa dikatakan hemat!
Jika kita focus pada penghematan maka peluang keberhasilan kita tidak akan lebih dari penghasilan yang kita miliki. Tapi jika kita membuka investasi baik dalam bisnis sendiri, emas, saham ataupun property maka kita memiliki peluang untuk melipatgandakan penghasilan kita yang lebih besar.
Pada intinya, jangan fokus pada berhemat saja, tapi sisihkan sebagian untuk investasi.
            Keempat:melupakan pendidikan. Berapa banyak orang yang saking hematnya sampai-sampai mengesampingkan pendidikan. Mereka enggan mengeluarkan uang untuk ikut seminar, membeli buku, ebook ataupun video.Mereka berfikir pandidikan bukan termasuk kebutuhan primer, sehingga pendidikan pun dialokasikan yang terakhir(jika ada sisa).
Melupakan pendidikan sama dengan mebatasi realitas anda agar tidak berkembang. Padahal keberhasilan akan berbanding lurus dengan besarnya realitas dalam diri anda. Pikiran anda ibarat wadah. Dan cara memperbesar pikiran adalah dengan belajar atau dengan pendidikan. Hanya orang yang berpikiran besar yang akan meraih pencapaian yang besar. Pikiran mempengaruhi tindakan anda,dan tindakan menentukan hasil.
Bagaimana berhemat yang menjadikan anda kaya?
            Setelah mengetahui cara berhemat yang salah, kini saatnya anda mengetahui berhemat yang menjadikan anda kaya.
Ø  Gunakan hasil penghematan anda untuk bershodaqoh atau infaq. Allah sendiri sudah menjanjikan dalam Al-qur’an.
“perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada setiap bulir ada seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui.”-Q.s Al-Baqoroh:261-
InsyaAllah dengan shodaqoh atau infaq, rezeki kiya lebih berbarokah bahkan dilipatgandakan oleh Allah suhanahu wa ta’la.
Ø  Nikmati hidup. Jangan menjadi orang yang sengsara padahal sebenarnya anda mampu untuk hidup lebih baik lagi. Yang penting anda jangan boros yang justru akan menghabiskan uang anda dengan sia-sia.
Ø  Investasikan hasil penghematan anda. Daripada uang anda nganggur, lebih baik anda investasikan dalam bisnis, emas, saham ataupun property.Dengan begitu uang hasil penghematan anda bisa bertambah, bahkan bisa melibihi dari penghasilan anda tiap bulannya.
Ø  Investasikan dalam pendidikan anda. Tetaplah belajar agar pikiran anda berkembang. Karena pohon akan menjadi besar jika pohon tersebut tumbuh. Begitu juga dengan anda, bertumbuhlah!!

InsyaAllah dengan cara tersebut, kondisi finansial anda menjadi lebih baik daripada hanya sekedar berhemat. Hemat pangkal kaya memang benar, asal caranya benar.
           
                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar